Selasa, 18 Mei 2010

MANFAAT MENGONSUMSI MINYAK IKAN

Info minyak ikan ini berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang ibu, anak saya rutin mengonsumsi minyak ikan 1 butir setiap harinya...entah ini hanyalah sugesti atau hanyalah kebanggaan seorang ibu terhadap anaknya hehe...putri kecil saya cepat sekali perkembangan otaknya terutama dalam hal daya ingat...moga bermnfaat...

Pernah mendengar minyak ikan? Tahu manfaatnya? Anda akan kaget bila tahu apa saja manfaat dari minyak ikan. Tidak seperti obat flu yang memang jelas untuk meredakan flu dan batuk.
Apa minyak ikan itu? Tentu saja seperti yang Anda tahu minyak ikan berasal dari ikan yang didalamnya mengandung asam lemak esensial Omega-3. 2 tipe asam lemak yang kita butuhkan adalah EPA dan DHA yang keduanya memberikan efek yang Sangat luar biasa bagi tubuh dan kesehatan kita. Dan minyak ikan adalah sumber omega-3 terbaik di dunia, dengan teknologi dan inovasi yang ada sekarang kita bisa mendapatkan omega-3 yang murni.




Apa saja kegunaan minyak ikan bagi kita? Yuk kita baca...

Minyak ikan juga tergolong sebagai sumber lemak yang rendah kolesterol, sehingga para ahli gizi dan kesehatan sepakat bahwa minyak ikan aman untuk dikonsumsi oleh bayi, balita, orang dewasa serta ibu hamil.

Mengapa menyehatkan?

Karena selain mengandung Omega-3, minyak ikan juga mengandung vitamin A, D, dan juga kalsium. Itu sebabnya minyak ikan baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada balita. Minyak ikan mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan selera makan.

Minyak ikan juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang berfungsi untuk membantu proses tumbuh-kembang otak (kecerdasan), serta perkembangan indera penglihatan dan sistem kekebalan tubuh bayi dan balita. Sedangkan bagi ibu hamil, minyak ikan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kehamilan.
Jangan dikonsumsi berlebih

Meskipun manfaat minyak ikan sangat besar dan baik bagi kesehatan, namun jangan dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi minyak ikan dapat menurunkan kadar vitamin E dalam tubuh.

Bila minyak ikan terbuat dari ekstrak hati ikan, kelebihan takaran dapat menyebabkan keracunan vitamin A dan vitamin D. Sebab, hati ikan adalah salah satu tempat menumpuknya zat-zat beracun. Apalagi, bila ikan tersebut tadinya hidup di tempat yang tidak memenuhi standar kesehatan dan tidak higienis.

Berapa jumlah yang disarankan?

Untuk bayi dan balita, konsumsi minyak ikan per harinya didasarkan pada berat badannya. Sebagai patokan adalah 1 sendok teh per hari bila berat badan anak Anda 10 kg. Jika berat badannya lebih dari 10 kg, gunakan alat takar berupa sendok makan, karena jumlah kebutuhannya juga akan meningkat.

Penyimpanan

Proses oksidasi lemak yang terkandung dalam minyak ikan, dapat terjadi sehingga merusak kualitas minyak ikan dan mengubah aromanya menjadi tengik. Sebaiknya simpan minyak ikan di dalam wadah yang tertutup rapat dan letakkan di tempat yang sejuk.

sumber www[dot]conectique[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar