Jumat, 21 Mei 2010

BOLEHKAH MINUM AIR ES SETELAH OLAHRAGA...?EMMM....??

hari ini saya dan teman-teman kantor mempunyai aktifvitas tambahan pada sore hari yaitu senam aerobik,horeee...akhirnya ada aktivitas yg membuat saya keringatan selain nyapu n ngepel hehe.....seru abis ibu2 pada antusias tuh walaupun pd kagok semua,apalagi saya setelah lima tahun ga pernah senam lagi makanya badan pada bengkak hehehe,instruktur senam teman kami juga 'Tia'  yg jago n sering ikut perlombaan senam...dari pada bayar ditempat aerobik mending gratisan deh hehehe
Sekilas cerita tentang pengalaman olahraga saya setelah sekian lama vakum, nah....setelah olahraga  pastinya cape tuh keringat mengucur pastilah pengen minum yg banyak,apalagi liat air es emmm pada ngiler deh...bolehkah????dari berbagai informasi yang saya baca ada yang membolehkan ada juga yg tidak.

Kenapa boleh...?
meminum air dingin/air es sehabis berolah raga atau saat kita kepanasan justru lebih baik untuk mempercepat proses penyerapan cairan oleh tubuh.Maksudnya saat suhu badan kita panas, meminum air dingin akan membuat suhu badan lebih cepat turun. Air dingin yang paling baik adalah bersuhu 5°C (air dari lemari pendingin yang belum membentuk es) dan batas dingin yang dapat ditoleransi adalah 4°C. Dan jumlah air yang mesti anda minum juga perlu dibatasi kira-kira 500 cc. Yang perlu diperhatikan adalah saat minum, jika anda menenggak satu botol air dingin sekaligus setelah berolahraga, ada kemungkinan kepala anda menjadi pusing, sebab sistem saraf pusat tidak siap merespon perpindahan dari panas ke dingin yang terlalu cepat.Disarankan untuk minum air dingin satu-dua teguk dan biarkan tubuh anda beradaptasi terlebih dahulu, baru anda dapat meminumnya kembali.


Kenapa Tidak Boleh...? 
karena akan mengganggu metabolisme dalam tubuh. Suhu minuman sebaiknya berkisar antara 5-10 derajat Celcius atau sama dengan suhu air minum normal biasa. Pada suhu tersebut cairan mudah diserap oleh tubuh sehingga keringat bisa cepat digantikan, selain itu jumlah air minum atau minuman yang dikonsumsi juga harus dalam jumlah yang cukup yakni tergantung pada intensitas latihan, waktu latihan, cuaca dan kelembaban atau cara yang termudah adalah minumlah sebelum, selama, dan setelah berolahraga secukupnya sampai kira-kira suhu tubuh agak normal. Alasan Lain
Ketika air dingin dikonsumsi, tubuh berusaha menghangatkan air itu secepat mungkin, dengan menggunakan berbagai cara untuk menaikkan suhunya agar setingkat dengan suhu tubuh. Bahkan, minum air dan menstimulasi saraf simpatetik adalah satu bagian dari sistem yang memproduksi energi untuk meningkatkan suhu tubuh Anda. Namun, ingatlah bahwa jika Anda mencoba untuk meningkatkan konsumsi energi dengan cara meminum air yang terlalu dingin, seperti air es, hasilnya akan menimbulkan efek sebaliknya. Ini terjadi karena air yang terlalu dingin mendinginkan tubuh dengan seketika sehingga menyebabkan diare dan berbagai masalah fisik lain.  
 Akhir-akhir ini, terjadi peningkatan jumlah orang, terutama orang-orang muda, yang memiliki “sindrom suhu tubuh rendah”, yakni rata-rata suhu tubuh seseorang sekitar 35°C. Suhu tubuh yang rendah ini dapat menyebabkan berbagai efek yang berbahaya. Suhu tubuh normal seseorang yang sehat adalah sekitar 37°C, tetapi begitu suhu ini menurun, kecepatan metabolisme pun menurun hingga sekitar 50%. Terlebih lagi, suhu tubuh saat sel-sel kanker dapat lebih mudah berkembang biak adalah sekitar 35°C. Hal ini disebabkan aktivitas enzim menjadi lebih lambat sehingga mengurangi fungsi kekebalan tubuh. Enzim bekerja lebih aktif pada suhu tubuh yang lebih tinggi. Manusia menderita demam karena sesungguhnya tubuh mereka berusaha untuk meningkatkan fungsi kekebalan mereka. Oleh karenanya, kecuali pada musim panas, lebih aman untuk meminum air yang memiliki suhu sekitar 20°C.(sumber Buku “The Miracle of Enzyme” halaman 188 – 189, oleh Dr. Hiromi Shinya, MD)

Berdasarkan pengalaman saya apabila meminum air es sekaligus dan banyak setelah berolahraga  adalah kepala terasa pusing dan perut kembung, so....kembali ke anda semua ya...tergantung daya tahan tubuh anda(menurut saya loh)

dari berbagai sumber :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar